Tips Untuk Mendapatkan Foto Alam Terbaik

Memotret alam merupakan salah satu hal yang sering dilakukan oleh banyak orang. Ketika berpergian di suatu tempat maka untuk mengabadikan momen mereka akan mendokumentasikannya dengan memfoto tempat tersebut. Namun bagi sebagian orang melakukan pemotretan di alam terbuka merupakan suatu tantangan tersendiri. Karena melakukan suatu pemotretan di alam terbuka memiliki kesulitannya tersendiri, termasuk pada bagian pencahayaan.

Dan inilah tips bagi Anda yang ingin membuat foto alam terbaik:

1.  Lokasi alam yang mendukung

Tips yang pertama yaitu dengan mencari lokasi yang akan digunakan sebagai target. Lokasi alam ini haruslah mendukung untuk digunakan sebagai lokasi pemotretan.  Anda bisa survei terlebih dahulu lokasi yang akan Anda gunakan tersebut. Hal ini dimaksud sebagai suatu langkah awal untuk persiapan. Anda bisa datang ke lokasi tersebut dan mencari beberapa subjek foto yang sekiranya menarik. Perhatikan hal-hal disekitar tempat tersebut. Dan memastikan bahwa lokasi tersebut cocok untuk pemotretan. Selain itu perhatikan juga waktu Anda mengambil gambar. Ini akan sangat berpengaruh terhadap hasil jepretan Anda. Baik itu pagi, siang, sore, ataupun malam hari pencahayaannya akan berbeda. Selain itu waktu juga dapat berpengaruh kepada kehangatan lokasi dan juga penempatan bayangan gelapnya. Untuk itu Anda harus memperhatikan dengan benar Kapan anda akan melakukan pemotretan.

2.  Perhatikan cahaya yang ada

Tips selanjutnya untuk mengambil foto alam terbaik yaitu dengan memperhatikan cahaya yang ada. Dalam sebuah foto atau proses pemotretan, cahaya merupakan faktor penting. Dengan cahaya yang pas maka foto akan terlihat lebih hidup. Meskipun pada dasarnya Anda tidak dapat menentukan cahaya yang akan masuk dalam foto Anda. Namun dengan mempersiapkan lebih awal dapat meminimalisirkan terjadinya kemungkinan yang buruk. Anda bisa memastikan bahwa pencahayaan yang akan masuk dalam foto Anda tepat pada posisinya dan juga benar sesuai dengan yang anda inginkan. Dalam konsep memotret alam Anda bisa menggunakan latar yang gelap jika subjek Anda tampak bercahaya atau terang. Dan sebaliknya yaitu jika subjek Anda gelap maka sebaiknya latarnya terang dengan pencahayaan yang cukup seghingga kualitas pencahayaan Anda sesuai dengan keinginan. Pencahayaan untuk pemotretan alam terbuka sendiri yaitu menggunakan sinar matahari. Untuk itu penting memahami dengan jelas sinar matahari pantulan beserta dengan kekuatan sinar tersebut.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda perhatikan ketika ingin mengambil foto alam terbaik. Selain itu pastikan juga bahwa settingan kamera Anda sesuai dengan keadaan alam tersebut. Karena itu akan berpengaruh juga terhadap hasil foto Anda nantinya. Anda harus pintar-pintar untuk mensetting nya dan menyesuaikan dengan keadaan alam tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *